Selasa, 06 Juli 2010

DIBALIK SERUAN ‘BANI ISRAIL’

Tafsir al-Baqarah ayat 40 Part 2 

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ ( البقرة : 40)

Artinya : “ Hai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepada kamu, dan penuhilah janji kamu kepada-Ku niscaya Aku penuhi janji-Ku kepada kamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk)” ( al-Baqarah : 40)


Tema kelompok ayat ini sesungguhnya sama dengan tema kelompok ayat sebelumnya, yakni ajakan untuk beriman kepada Al-Qur’an dan Nabi Muhammad saw. Karena tema sentral surat Al-Baqarah memang menyangkut hal demikian. Hanya perbedaannya terletak pada Mukhathab (lawan tutur) yang dihadapi.mukhathab pada kelompok ayat sebelumnya adalah orang-orang kafir dan orang-orang musyrik yang tergolong Ummiyyun (orang-orang bodoh yang belum mengenal agama). Sedangkan kelompok ayat ini, mukhatab yang dihadapi adalah Mutadayyinun (orang-orang yang telah menganut agama). Orang Yahudi  -melalui ajaran yang telah mereka ketahui dari kitab suci- telah beriman kepada Allah swt dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persoalan Uluhiyah (ketuhanan). Hanya saja mereka belum menerima Nubuwwah (kenabian) Muhammad saw.
Ummiyun dan Mutadayyinun jelas tidak sama. Karenanya, -agar ajakan (ide) yang tercover dalam tema tersebut di atas dapat dicerna dan selanjutnya dapat diterima- Allah swt membedakan argumentasi yang melandasi disesuaikan dengan perbedaan karakter kedua golongan itu sendiri. Ummiyyun yang  memilki karakter ateisme (tidak mengakui adanya tuhan) dan politeisme (yang menganggap tuhan lebih dari satu) diberi argumentasi (alasan untuk memperkuat ide) yang bersifat rasional agar supaya terbuka akal mereka yang tertutupdari masalah ketuhanan dan kenabian. Argumentasi yang bersifat rasional ini dapat kita simak pada ayat ke-28 misalnya:
كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
“Bagaimana kamu terus menerus kufur kepada Allah padahal kamu tadinya mati,lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan, kemudian dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”
Juga dapat kita lihat pada ayat ke-22 umpamanya
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagi kamu dan langit sebagi atap, dan Dia menurunkan sebagian air dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan air itu buah-buahan sebagai bagian rezeki untuk kamu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”
Berbeda halnya dengan Mutadayyinun (mukhathab yang dihadapi dalam kelompok ayat ini). Allah menggunakan argumentasi untuk memperkuat ajakan-Nya dengan argumentasi yang bersifat religius. Karena akal meraka telah terbuka, hanya hati mereka tertutup akibat kedengkian dan kecemburuan Nubuwwah yang tidak lagi dari keturunan mereka tetapi berpindah kepada keturunan arab.
Pada  ayat ke-40 ini, argumentasi religius terurai dalam empat ungkapan yang menggunakan bahasa sindiran. Ungkapan pertama seruan Hai putra-putra Israil ‘ Ya Bani israil’ . Ungkapan kedua perintah mengingat nikmat ‘Udzkuru ni’matiayal lati an’amtu ‘alaikum’. Ungkapan ketiga perintah memenuhi janji ‘Wa aufu bi ‘ahdi ufi bi’ahdikum’. Dan ungkapan terakhir perintah untuk tunduk ‘Wa iyyaya farhabun’
Seruan ‘Hai putra-putra Israil’ mempunyai makna yang sangat dalam dan sangat berpengaruh terhadap perasaan dan kondisi kejiwaan orang-orang Yahudi yang dikhithabi. Mengapa ? Karena penamaan mereka dengan putra-putra Israil yang bermakna hamba pilihan yang shaleh (sebagimana dijelaskan pada part I tafsir ayat ini), mengandung arti menisbatkan mereka dengan seorang hamba yang sangat dekat dengan Allah swt. Atau dengan kata lain membawa nama bapak mereka yang benar-benar cinta dan dicintai Allah swt. Jika mereka tidak shaleh sebagaimana bapak mereka, maka alangkah buruknya mereka. Karena sebagai anak mestinya mengikuti jejak orang tua dan meneruskan apa yang menjadi kebaikannya.
Wal hashil seruan ‘Ya Bani Israil’, secara implisit mengandung pernyataan :
ياابناءالعبد الذي اختاره الله واصطفاه ،كونوا مثل ابيكم فى العبادة والطاعة
Wahai putra-putra hamba shaleh yang dipilih Allah, ikutilah jejak yang telah dilakukan bapak kalian di dalam pengabdian dan ketundukan.
Kata ‘Bani Israil’ pada ayat di atas, jika digantikan dengan sinonimnya ‘Al-Yahud’ umpamanya,akan mempunyai dampak yang berbeda pada benak pendengarnya. Karena kata ‘Al-Yahud’ adalah ‘ismun-nahlah wad-diyanah’ (sebutan untuk kelompok orang-orang yang beragama yahudi) yang tidak menyebutkan hubungan darah langsung dengan pembawanya, yang berakibat kurangnya rasa tanggung jawab untuk mengikuti jejak-jejaknya. Berbeda dengan kata Bani Israil yang merupakan ismul qabilah (sebutan untuk orang-orang yang memilki hubungan darah/keturunan dengan nabi Israil/Nabi Ya’kub as). Hal ini terlihat dari kenyataan (realita), biasanya melakukan hal-hal yang dilarang oleh agamanya lebih mudah dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang mengakibatkan hilangnya kehormatan keluarga. Diharapkan dengan seruan menggunakan kata Bani Israil, berarti orang-orang Yahudi tersentuh kemudian mencerna ajakan dan pada akhirnya menerima untuk beriman kepada Nabi Muhammad saw. Toh mereka sebenarnya telah memahami melalui kitab-kitab yang telah diturunkan (semisal taurat), penjelasan mengenai akan turunnya nabi terakhir yang sifat-sifatnya sama dengan sifat-sifat yang ada pada diri Nabi Muhammad saw. Imam Abdurrahman Ad-Diba’i menukilkan sebuah hadits dari ‘Atha ibn Yasar dari Ka’ab Al-Ahbar :
علمنى ابى التوراة الا سفرا واحدا كان يختمه ويدخله الصندوق فلما مات ابى فتحته فإذا فيه نبي يخرج اخر الزمان مولده بمكة وهجرته بالمدينة وسلطانه بالشام
“Ayahku mengajarkan Taurat kepadaku kecuali satu bagian yang tidak diajarkan dan dirahasiakan  serta disembunyikan di kotak penyimpanan. Setelah ia mati aku buka bagian itu, dan aku dapati penjelasan tentang Nabi yang akan diutus pada akhir zaman, dilahirkan di Makkah, hijrah ke Madinah dan kekuasaanya terdapat di Syam.”
Demikian indahnya khithab yang Allah kemukakan. Khitab-Nya tidak terlepas dari konteks eksternal kepada siapa khitab itu  ditujukan. Selaras dengan teori komunikasi sekarang. Subhanallah   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar